Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Agar semangat kerja di hari pertama masuk kantor! Ikuti tips berikut ini

Libur lebaran yang cukup panjang berlangsung kurang lebih satu minggu, tentu anda yang sehari-hari kerja di kantor akan menghabiskan waktu untuk melakukan sejumlah relaksasi baik wisata maupun kumpul bersama keluarga besar.

Setelah Libur Lebaran, Anda pastinya akan dihadapkan kembali pada rutinitas sehari-hari, yaitu bekerja. Sudah siapkah Anda?

Bagi sebagian orang, hal tersebut rasanya berat karena sudah terlena menikmati waktu santai di masa liburan.

Jika Anda merasa malas dan berat untuk kembali melakukan aktivitas kerja, bisa jadi itu karena post vacation blues, kondisi itu terjadi saat Anda kembali ke rumah dan menjalani rutinitas usai liburan. Semakin lama libur, Anda akan semakin lama terserang post vacation blues.

Post vacation blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa terjadi depresi. Hal ini dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, Anda menyadari betapa kehidupan sangat membosankan dan tidak menarik,” ujarnya.

Lalu bagaimana caranya mengembalikan semangat kerja usai Liburan? anda dapat melakukan sejumlah tips di bawah ini:

1.Lakukan semuanya secara perlahan

Post vacation blues sering dialami oleh orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres. Jadi, usahakan untuk pulang ke rumah pada satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi secara perlahan dengan rutinitas.

Maka itu, rilekskan diri Anda dengan menghirup napas panjang dan melepaskannya dengan santai. Kemudian cuci muka Anda agar menjadi lebih segar. Kegiatan simpel ini dapat membantu Anda meringankan beban pikiran,

2.Relaksasi menjelang kerja

Kembali bekerja terkadang membuat stres. Untuk menghilangkan penat, Anda tak perlu terburu-buru mencari tanggal merah untuk kembali berlibur.

Meluangkan waktu relaksasi seperti melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dapat menjadi pilihan tepat.

Selain itu, Anda jangan menambah beban diri dengan hal-hal negatif, seperti bad mood. Cobalah untuk menikmati pagi dengan minuman panas sambil baca koran. Hari yang dimulai dengan senyuman akan terasa lebih cepat berakhir.

3.Segera move on dari liburan

Melihat foto-foto liburan sering kali membuat Anda susah move on,jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari melihat media sosial terus-menerus.

Anda boleh merencanakan liburan selanjutnya, namun fokus pada pekerjaan sekarang. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The journal Applied Research in Quality Of Life, merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat kerja demi mengumpulkan uang untuk kembali berlibur.

4. Tingkatkan mood dengan musik dan camilan pendukung

Pertama, Anda dapat mendengarkan lagu. Pilihlah musik yang membuat Anda semakin bersemangat. Nikmati setiap baris lirik lagu yang Anda dengarkan. Bangun semangat kerja Anda kembali. Hal ini dapat membantu kembali bekerja dengan semangat penuh.

“Minum atau makanlah sesuatu untuk mengisi energi Anda kembali. Biasanya bosan akan menimbulkan efek tambahan, yaitu kantuk dan lapar. Kopi bisa jadi salah satu solusinya untuk mengusir kantuk atau makanlah cemilan yang dapat mengisi energi Anda kembali untuk memulai pekerjaan Anda,”


5. Kerjakan Satu Per Satu

Ketika masuk kantor, pekerjaan mungkin akan menumpuk untuk Anda lakukan hari itu. Sebaiknya, pekerjaan tersebut dilakukan satu per satu dan tidak langsung menangani semuanya sekaligus. Anda bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lama yang belum terselesaikan dan melanjutkannya dengan pekerjaan yang lebih baru ketika Anda lebih siap. Selain memberikan waktu untuk membiasakan diri kembali, ini juga mencegah Anda merasa kewalahan di hari pertama masuk kantor. Pastikan Anda juga membuat jadwal terencana untuk melakukan tugas-tugas dan meeting Anda di kantor, baik untuk hari pertama maupun esoknya.

6. Bersihkan Inbox Email

Selain pekerjaan yang menumpuk di meja, mungkin kotak masuk di e-mail Anda akan kebanjiran e-mail masuk. Umumnya, orang akan kewalahan membalas e-mail yang menumpuk. Namun, sebenarnya balas dengan sistem prioritas lebih baik ketimbang Anda menjadi stres. Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia di e-mail sehingga Anda bisa langsung membalas e-mail yang paling penting terlebih dahulu. Mulai dengan e-mail yang Anda terima ketika memulai liburan dan akhiri dengan e-mail yang paling baru.

7. Buat To-Do-List

To-do-list bisa Anda buat sebelum Anda masuk kantor. Selain bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih terorganisasi, Anda juga menjadi lebih siap untuk kembali ke kantor. Ketika membuat to-do-list, biasanya ada beberapa hal yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Mintalah bantuan partner kerja atau manajer Anda supaya Anda lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

8. Jadwalkan Waktu Istirahat

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengambil waktu libur selama sehari atau dua hari di antara jadwal kerja. Jika perlu, Anda sudah menjadwalkannya jauh hari ketika Anda membuat jadwal terencana untuk menyelesaikan pekerjaan. Manfaatkan jadwal ini sebagai penyemangat Anda untuk minggu-minggu pertama yang tidak terduga.

9. Terima Efek Pasca Liburan

Ketika seseorang telah menyelesaikan liburan dan kembali menjalani rutinitas kerja seperti biasa, cukup banyak yang cenderung merasa sedih tiba-tiba. Mereka umumnya merasa belum siap karena harus kembali pada rutinitas kantor yang terkadang menjemukan. Ini adalah hal yang normal, jadi tidak apa jika Anda menjadi salah satu dari mereka. Tambahkan perawatan diri di minggu-minggu pertama bekerja, seperti menyalakan lilin aromaterapi bernuansa liburan di meja kerja, menyempatkan yoga atau meditasi setelah bekerja, atau pergi spa setelah kerja atau di akhir minggu.

10. Lakukan Strategi

Di minggu-minggu pertama bekerja, normal jika Anda merasa cepat lelah dan lemas setelah liburan santai untuk waktu yang lama. Tetap jaga kadar air dalam tubuh Anda dengan meminum air mineral yang cukup. Anda juga bisa menambahkan kopi atau teh herbal untuk membuat Anda siap siaga ketika melakukan pekerjaan.

11. Istirahat Cukup

Hal terakhir yang paling menyebalkan tentu merasa gelisah akan pekerjaan Anda yang semakin bertambah. Usahakan untuk mengatur jadwal tidur yang tidak terlalu larut sehingga Anda bisa lebih mudah tidur nyenyak dan bisa merasa segar keesokan harinya. Jika Anda merasa sulit tidur, beberapa teh herbal, makanan tertentu, atau meditasi bisa membantu Anda cepat merasakan kantuk dan tidur lebih pulas. 

Baca juga artikel ini:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us