Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Ini tips agar tetap enjoy dengan pekerjaan yang kurang disukai

Lingkungan kantor yang kurang nyaman atau rutinitas kerja yang bikin bosan selalu jadi alasan buat kita untuk gak menyukai pekerjaan. Buat kamu yang ada dalam posisi ini pasti pernah beberapa kali berpikir untuk resign kan?

Mengundurkan diri dari pekerjaan bukan satu-satunya solusi untuk mengatasi rasa gak sukamu. Pertama, kamu harus ubah pola pikir dengan yakin bahwa selalu ada yang bisa buat kamu bahagia meski di tempat kerja membosankan sekali pun.

Beberapa tips berikut bisa juga kamu andalkan untuk setidaknya mengurangi ketidaksukaanmu pada rutinitas kantor. 

1. Hindari obrolan dengan rekan kerja yang makin memanaskan masalah

Gimana mau suka dengan pekerjaan kalau kamu dan rekan kerja sering mencela atasan atau mengeluhkan banyak hal seputar kantor. Obrolan yang menjelek-jelekkan tempat kerja sama sekali gak ada gunanya selain bikin kamu nambah gak betah.

Kalau kamu memang ingin berbagi keluhan, obrolkan saja dengan sahabat atau teman di luar pekerjaan asal mereka bisa dipercaya. Curhat pada teman di luar lingkaran kerja akan memberimu pandangan yang lebih objektif tanpa ‘bumbu-bumbu’ yang memanaskan keadaan.

2. Temukan sejumlah hal positif dari pekerjaanmu

Kalau pekerjaan saat ini bukan job impian kamu atau gak sesuai passion, coba deh kamu gali kelebihan atau hal-hal positif yang bisa menguntungkan masa depanmu. Misalnya lewat job ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam tunjangan hidup yang gak didapat pekerjaan sesuai passion.

Ketika kamu fokus pada hal-hal baik, pekerjaan yang kurang kamu sukai bakal lebih mudah dijalani. Kamu gak boleh terus berpikir kalau pekerjaan ini adalah penderitaan. Buktinya, masih banyak hal menguntungkan yang bisa kamu syukuri. 

3. Anggap pekerjaanmu sebagai tantangan yang bikin kamu puas

Hidup tanpa tantangan itu pastinya kurang seru dong! Sesekali kamu memang perlu ditempa dengan hal-hal rumit yang gak kamu senangi supaya bisa belajar sabar dan kuat. Nah, saat kamu berhasil menaklukkan tantangan dengan menyelesaikan tugas pekerjaanmu, maka kamu akan merasa puas. Apalagi kalau kamu berhasil mengalahkan ketidaksukaan dengan usaha terbaik dalam bekerja.

Saat hadir rasa puas dalam diri atas kinerja baikmu, kamu pasti mulai bisa menerima pekerjaan ini dengan hati lapang.

4. Kalau tantangannya berhasil kamu taklukkan, berilah penghargaan pada diri sendiri

Kamu bisa menentukan jenis tantangan yang lebih spesifik dari pekerjaanmu. Misalnya terkait perilaku untuk gak mengeluhkan tugas atau perintah atasan selama seminggu. Setiap orang bakal cenderung melakukan tugas kalau tahu diujungnya ada semacam keuntungan atau penghargaan.

Kalau kamu berhasil menaklukkan tantangan tersebut, berilah penghargaan pada dirimu sendiri semacam travellingdinner di kafe keren atau memanjakan diri di salon. 

5. Selingi pekerjaan dengan hal menyenangkan, duniamu gak cuma kerja kok!

Apalagi yang ditunggu sepulang kerja selain refreshing diri dengan hal yang disukai. Entah itu baca buku kesayangan, nonton film, atau melakukan hobi lainnya. Kamu bisa menentukan satu kegiatan menyenangkan setiap minggunya seperti hangout bareng teman atau mengikuti kelas senam.

Selingan seperti ini dapat mengembalikan semangat kerjamu. Kamu akan menyadari bahwa kehidupan gak cuma sebatas pekerjaan. Kamu tetap gak kehilangan rasa bahagia kok, meski harus bekerja di tempat yang kamu kurang suka.

Sumber : idntimes.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us