Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Membandingkan Sistem Absensi Menggunakan Face Recognition dan Fingerprint

Sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? – Di era digitalisasi seperti sekarang, hampir semua hal yang dilakukan tak bisa lepas dari sistem jaringan komputer dan internet. Bahkan untuk absensi pun sekarang sudah menggunakan teknologi yang canggih, yaitu sistem face recognition dan fingerprint. Kedua sistem ini pada dasarnya adalah jawaban untuk solusi absensi yang lebih aman dan pastinya praktis.

Dengan menggunakan kedua sistem absensi ini, sebuah perusahaan bisa mendeteksi setiap karyawan yang hadir secara detail dengan waktu kehadirannya pula. Lalu sebenarnya sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? Untuk mengetahui jawabannya langsung saja Anda simak ulasan berikut ini.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Face Recognition

Sistem absensi menggunakan teknologi pengenalan wajah ini dinilai cukup efektif dan aman karena komputer akan mendeteksi wajah seseorang melalui kontur wajahnya. Dengan cara ini, hampir mustahil untuk dipalsukan karena setiap manusia terlahir dengan kontur wajah yang berbeda-beda, baik dari segi jarak antar mata, kedalaman mata, lebar rahang, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari sistem ini adalah para penggunanya cukup memposisikan wajah di depan alat scan yang disediakan dan sistem absensi akan bekerja otomatis. Tetapi, sistem ini juga dinilai masih memiliki kelemahan tersendiri, yaitu waktu pemrosesan data yang cenderung lebih lama jika dibandingkan alat fingerprint.

Untuk waktu pemrosesan yang sedikit lebih lama ini sebenarnya memang tidak terlalu mengganggu, tetapi tetap saja mengurangi daya efektif dari mesin itu sendiri. Beberapa alat pemindai wajah bahkan ada yang membutuhkan waktu lebih lama dan terkadang perlu beberapa kali scan agar data seseorang bisa terekam dengan baik. Selain itu, alat rekam wajah ini juga memiliki harga yang lebih mahal daripada fingerprint.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Fingerprint

Sistem absensi menggunakan fingerprint nampaknya lebih mudah dijumpai daripada sistem pengenalan wajah. Salah satu penyebabnya tentu persoalan harga yang mana mesin fingerprint cenderung lebih murah dan mudah didapatkan. Sistem pengaturannya juga tidak serumit pendataan face recognition yang harus melalui beberapa tahapan pengenalan kontur wajah.

Kelebihan lainnya dari sistem fingerprint adalah kecepatan proses data yang baik. Dengan menempelkan ibu jari atau jari telunjuk sesuai dengan perekaman awal, sistem dapat memproses data dengan cepat dan akurat. Sistem ini juga dinilai lebih efisien untuk digunakan karena jarang terjadi kesalahan dan error dalam proses pengolahan datanya.

Tetapi walau demikian bukan berarti fingerprint tidak memiliki kelemahan. Walaupun jarang dijumpai error pada saat proses scan berlangsung, masih ada beberapa faktor lain yang terkadang membuat proses ini terkendala. Seperti misalnya sidik jari yang basah karena keringat, maka sistem fingerprint tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, perlu adanya perawatan secara berkala agar mesin tetap bisa digunakan dengan baik dalam jangka panjangnya.

Kesimpulan dari Sistem Face Recognition dan Fingerprint

Jadi sebenarnya sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? Tentu keduanya sama-sama bagus dan mampu bekerja secara efektif. Hanya saja, kedua alat ini memerlukan perawatan yang baik dan penggunaan yang tepat. Dengan demikian, keduanya bisa menutupi kelemahan masing-masing. Jadi, apapun mesin yang digunakan, pastinya dapat mempermudah kerja manusia dengan cara meminimalisir kesalahan data dan kecurangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us