Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Jika internet tidak bekerja ini yang harus dilakukan

Bagaimana ya rasanya jika kita sedang asyik bermain internet entah itu browsing ataupun streaming, tiba-tiba internet mati. Pasti kesel banget ya. Saat ini hampir semua orang bergantung pada koneksi internet mereka saat ini, apakah itu untuk streaming di atau membaca berita terbaru atau chat dengan medsos kita. ketika tidak ada internet berasa ada sesuatu yang hilang, apalagi jika terkait dengan pekerjaan di kantor, sekolah dll

Untungnya, pemecahan masalah koneksi Internet Anda cukup sederhana, sejauh Anda melihat kiat-kiat ini untuk kembali online dengan cepat:

Coba Perangkat yang Berbeda

Coba perangkat lain, seperti ponsel, dan lihat apakah itu akan terhubung ke WiFi. Jika perangkat lain terhubung, maka masalahnya mungkin dengan perangkat yang Anda gunakan.

Jika masalah dengan PC Anda, ikuti langkah-langkah ini:

Pastikan Wifi komputer dihidupkan. Bergantung pada komputer Anda, harus ada tombol atau sakelar yang dapat Anda tekan untuk menyalakan dan mematikan Wifi secara manual. Jika Anda menentukan bahwa Wifi komputer Anda dalam keadaan mati, nyalakan dan coba sambungkan lagi.

Jika Anda masih tidak dapat terhubung ke internet, reboot komputer Anda. Seringkali, reboot sederhana akan memperbaiki masalah sederhana, karena memungkinkan komputer untuk mereset sendiri.

Jika menyalakan kembali komputer Anda tidak memperbaiki masalah, buka Preferensi Jaringan Anda untuk memastikan bahwa Anda masuk ke jaringan yang benar. Pastikan juga Anda memasukkan kata sandi yang benar. Masukkan kata sandi dengan hati-hati dan perlahan, pastikan Caps Lock tidak aktif.Setelah Anda memeriksa nama pengguna dan kata sandi, dan yakin Anda memasukkannya dengan benar, masalah konektivitas Anda mungkin terkait dengan kekuatan sinyal. Lihatlah sebelah nama jaringan Anda, apakah Anda memiliki bar penuh atau hanya satu? Jika tidak penuh, kekuatan sinyal Anda mungkin lemah, mendekatlah ke router Anda dan coba lagi.

Jalankan diagnostik jaringan Anda dan setup wizard. Jika Anda menggunakan PC, cukup klik kanan ke ikon jaringan di area notifikasi dan pilih “Troubleshoot Problems” ikuti langkah-langkah tersebut. Jika Anda menggunakan Mac, buka menu Apple di sudut kiri atas layar Anda dan pilih “Network“. Klik “Assist Me” dan kemudian pilih “Diagnostics“. Setelah jendela Network Diagnostics terbuka, jalankan langkah-langkah seperti yang diminta.

Sebagai upaya terakhir, matikan firewall Anda sementara dan coba lagi untuk online. Jika Anda dapat mengakses internet, berarti ada yang salah dengan firewall Hubungi tenaga teknis untuk menentukan masalah. Anda tidak ingin menjelajah internet tanpa perlindungan firewall, karena dapat membuat Anda rentan terhadap serangan virus.

Periksa Koneksi Internet Anda

Bahkan sebelum Anda “berteriak” pada router Anda, lihatlah ikon WiFi di komputer Anda. Apakah ini menunjukkan bahwa Anda terhubung ke WiFi? Jika ya, maka Internet mungkin masalahnya. Jika tidak, Internet atau WiFi dapat menyebabkan kurangnya akses Anda.

Jika Anda mengeklik ikon Wifi, Anda akan melihat semacam peta koneksi internet – ini akan terlihat sedikit berbeda, tergantung pada sistem operasi yang digunakan komputer Anda.

Sebagai contoh, Anda akan melihat apakah komputer Anda terhubung Wifi atau ke Internet. Anda dapat mengklik setiap tahap koneksi untuk melakukan pemecahan masalah dari komputer Anda. Jika itu tidak membuahkan hasil, maka modem atau router Anda mungkin penyebab masalahnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us