Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Printer rawan terkena serangan hacker, ini cara jitu mencegahnya

Serangan hacker terhadap printer ternyata bukanlah hal baru. Misalnya, printer tiba-tiba mengeluarkan iklan dari sebuah perusahaan tertentu.

Kemudian iklan tersebut tak henti-hentinya mencetak semua jenis gobbledygook (uraian berbelit-belit dan tidak jelas), dan mungkin sebagian besar berisi konten yang sangat meragukan.

Jika demikian, printer Anda berarti diretas. Perlu dicatat, printer yang rentan terkena serangan hacker adalah printer yang terhubung dengan koneksi internet.

Berbicara tentang kasus ini, pada 2008, peneliti Aaron Weaver menerbitkan sebuah artikel yang menjelaskan bagaimana halaman web dapat dibuat untuk meluncurkan perintah cetak pada setiap printer pengunjung.

Terdapat juga beberapa kasus serangan massal pada printer, misalnya pada tahun 2016, di mana hacker meretas printer jaringan di lebih dari selusin perguruan tinggi Amerika Serikat dan mencetak selebaran rasis kepada mereka.

Untuk mencegah serangan hacker terjadi, berikut beberapa tips dari Kaspersky Lab, Senin (17/12/2018).

Pertama, nonaktifkan pengaturan printer apa pun yang melibatkan pencetakan melalui Internet.

Kedua, ubah nama pengguna dan kata sandi Anda (jika printer kamu menggunakan kredensial login). Jangan pernah menyimpan nilai default.

Ketiga, Tutup port router 9100, 515, dan 721-731.

Keempat atau yang terakhir, matikan printer kamu jika tidak digunakan.


Sumber : liputan6.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us