Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Begini tips memilih komputer server untuk kebutuhan kantor yang benar

Dalam suatu perusahaan, berbagi data dan informasi dalam menyelesaikan pekerjan adalah suatu hal yang lumrah. Oleh sebab itu penggunaan komputer server yang memungkinkan semua komputer terhubung adalah salah satu cara untuk melakukannya. Karena komputer server memiliki tugas untuk melayani kebutuhan informasi semua komputer dalam satu kantor atau satu jaringan, maka pemilihan spesifikasinya tidak bisa main-main. Berikut ini adalah tip dalam memilih komputer server, selain dari aspek prosesor yang digunakan tentunya.

1. Tentukan kebutuhan dasar

Sebelum membeli sebuah komputer server, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang yang dibutuhkan perusahaan. Kebutuhan apa yang kamu ingin server selesaikan terutama juga kebutuhan client atau pengguna komputer di jaringan server. Walaupun mungkin tidak akurat 100% namun setidaknya penentuan kebutuhan dasar ini dapat memudahkan kamu dalam memilih komputer server dan memaksimalkan penggunaannya.

2. Pilih spesifikasi

Mengingat komputer server adalah komputer yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan kantor. Maka, pemilihan spesifikasinya tidak bisa main-main.

Banyaknya pilihan komputer server di pasaran pastinya membuat kamu bingung memilih. Mencari komputer server dengan spesifikasi yang paling mutakhir pastinya akan menjadi tujuan utama. Namun, seperti halnya tip pada poin pertama, sebelum terlena dengan spesifikasi paling canggih kamu harus mengerti tentang kebutuhan dasar, bisa saja spesifikasi nomor satu justru tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Perkirakan perkembangan jaringan di masa depan

Tidak dapat dipungkiri lagi, perkembangan era digital ini seolah lebih cepat dari satu kedipan mata. Maka dari itu kamu perlu mempertimbangkan perkembangan jaringan sebelum membeli komputer server.

Hal ini adalah langkah antisipasi, mengingat perubahan pada jaringan dapat memengaruhi kinerja komputer server. Sehingga kamu perlu memperkirakan apakah komputer server kamu masih bisa melakukan fungsinya dengan baik apabila ada perubahan jaringan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu tidak perlu membangun infrastruktur jaringan setiap ada perubahan dalam sistem jaringan. Selain menghemat waktu tip ini juga akan menghemat uang perusahaan tentunya.

4. Pilih komputer server yang sudah teruji

Apabila bicara tentang kelengkapan kantor, pasti kita juga selalu akan dihadapkan dengan bujet perusahaan, sehingga dalam melakukan pembelian harus sesuai dengan uang yang sudah dipersiapkan. Tidak boleh melebihi, kalau bisa justru harus kurang dari bujet.

Maka dari itu sebelum membeli ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang komputer server yang kamu butuhkan. Carilah mengenai informasi mengenai spesifikasi dan kemampuannya dari beberapa merek produsen.

Lalu bandingkan satu sama lain dari sisi harga, spesifikasi dan kemampuan sampai bertemu dengan komputer server yang sesuai. Apabila dihadapkan dengan hasil perbandingan yang mirip pada beberapa komputer server, maka pilihlah yang memberikan pelayanan purna jual terbaik, mengingat tidak ada peralatan elektronik yang luput dari masalah.

5. Pilih komputer server yang kompatibel dengan sistem perusahaan

Seperti yang dijelaskan pada beberapa poin sebelumnya, sebelum membeli komputer server kamu tidak bisa hanya mempertimbangkan dari satu sisi saja. Hal paling utama yang harus kamu pertimbangkan adalah sistem yang digunakan di perusahaan tempat kamu bekerja.

Karena tujuan utama membeli komputer server dalah untuk mendukung sistem yang sudah berjalan di perusahaan dan mendukungnya sehingga dapat membantu pekerjaan kamu menjadi lebih mudah.

Karena tujuannya itulah, jangan sampai kamu justru membeli komputer server yang justru tidak kompatibel dengan sistem di perusahaan yang sudah ada sebelumnya. Namun, selain kompatibel dengan sistem yang sudah ada kamu juga perlu memastikan komputer server yang kamu beli juga mampu mendukung teknologi terbaru sehingga mempermudah kamu melakukan upgrade system.

Semoga tip-tip di atas dapat membantu kamu dalam memilih komputer server yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

Baca juga artikel ini ya:

(Imanuel Kristianto)

Sumber: blog bukalapak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us