Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Tips memilih sistem CCTV yang tepat untuk rumah anda apalagi musim mudik lebaran ini

Sebentar lagi mau mudik?. Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu sudah mengunci semua pintu rumah dengan rapat. Tapi, mengunci pintu saja tidak cukup. Agar kamu tenang selama meninggalkan rumah saat mudik, lengkapi keamanan rumahmu dengan memasang kamera CCTV.

Lalu, bagaimana sih cara memilih CCTV yang bagus untuk menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik? Simak tipsnya berikut ini. Di bawah ini adalah tips dan cara memilih CCTV yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Tentukan kualitas TVL pada CCTV yang akan kita beli nanti

Saat memilih kamera CCTV, tentu berbeda dengan memilih kamera pada umumnya. Jika pada kamera smartphone kita kerap menggunakan megapiksel sebagai bahan perbandingan, maka untuk CCTV, satuan yang kerap digunakan adalah TVL (Television Lines/TV Lines).

Istilah TVL sendiri telah digunakan pada penemuan televisi analog pertama. TVL digunakan sebagai ukuran suatu kinerja resolusi dari sistem TV untuk dapat dinilai.

Penilaian tersebut meliputi ukuran horisontal yang berfungsi untuk menilai seberapa bagus gambar tersebut tampil di layar.

Sebagai gambaran, berikut ini standar kualitas atau resolusi pada gambar CCTV:

– 1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality: 380-420 TVL

– 1/3″ CMOS/CCD High Image Quality: 480-520 TVL

– 1/3″ CMOS/CCD Very High Image Quality: 540-600 TVL

– 1/3″ CMOS/CCD Ultra High Image Quality: 650-700 TVL

2. Tentukan spesifikasi dan bujet, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan

Setiap jenis kamera CCTV pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan kamu telah melakukan survei terlebih dahulu baik dari segi harga maupun spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Akan lebih baik jika kamu bertanya terlebih dahulu kepada kerabat atau teman yang pernah menggunakan merek dan produk sejenis. Setelah itu, baru sesuaikan bujet yang kamu miliki.

Sebagai catatan, jika bujet kamu terbatas, kamu bisa membeli kamera CCTV dengan resolusi ataupun yang ber-TVL rendah.

Namun sebaliknya, jika keuangan kamu mendukung atau untuk keperluan pengamanan yang lebih kompleks, seperti untuk pengawasan perkantoran, lebih baik membeli kamera CCTV dengan TVL yang lebih baik.

3. Cek garansi yang diberikan produsen kamera CCTV

Selanjutnya, yaitu soal garansi. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, garansi yang diberikan penjual CCTV bisa berupa garansi vendor atau distributor. Umumnya, garansi yang diberikan vendor atau distributor hanya 1 sampai 2 tahun saja.

Sebagai catatan, jika ada yang berani memberikan garansi hingga lebih dari 2 tahun, sebaiknya kamu perhatikan betul mengenai kualitas proses klaim garansinya jika terjadi masalah.

4. Sedikit lebih mahal, CCTV merek kenamaan telah didukung oleh aplikasi di smartphone

Untuk soal kualitas dan keawetan sebuah produk, pastinya juga berhubungan dengan harga yang ditawarkan.

Untuk CCTV dengan merek internasional dan ternama, umumnya memiliki software original untuk membantu pengawasan, baik melalui akses PC, Mac, iOS, maupun Android.

Sebagai contoh, untuk merek Avtech yang menyediakan aplikasi resmi di Apple Store atau di Google Play Store. Atau, merek Hikvision yang juga menyediakan aplikasi IVMS-4500 untuk Apple dan muncul IVMS-4200 di Google Play Store.

5. Jika masih ragu, cek “Top Ranking” CCTV yang kamu akan beli

Jika memang kamu membutuhkan CCTV yang tangguh atau untuk sekuritas yang amat kompleks, kamu bisa mengakses lamat berikut: www.asmag.com/rankings/security50_rankings.aspx.

Alamat website tersebut akan memberikan ranking dari setiap produk CCTV yang ada. Kamu juga bisa mengecek ranking produk CCTV yang akan kamu beli jika masih merasa ragu.

Nah, itulah cara memilih CCTV yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga dengan tips di atas, kamu bisa menemukan kamera CCTV yang tepat untuk menjaga keamanan rumahmu saat ditinggal mudik, ya!

Jangan lupa, lengkapi juga kebutuhan rumah tangga, perlengkapan dapur, hingga paket data murah untuk menemani rutinitas kamu selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran di Bukalapak. Berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran jadi lebih mudah dan hemat di Bukalapak. Klik di sini untuk menikmati harga terbaik pemasangan cctv

Baca juga artikel ini ya:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us