Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

8 anti virus terbaik untuk komputer

Memang hingga kini jadi satu masalah akut khususnya untuk kamu yang punya perangkat PC alias komputer ataupun laptop.

Apalagi berbagai jenis virus termasuk malware terus mengalami berkembang. Tentu kita butuh penangkal yang kita kenal dengan antivirus.

Komputer atau laptop kamu masih rawan atau justru sudah terinfeksi virus? Berarti kamu belum menggunakan antivirus yang tepat.

Virus memang masih menjadi masalah utama untuk PC maupun Laptop baik kelas Low-end maupun pada High-end yang tidak dapat kita hindarkan, sebab virus pada komputer bisa datang melalui media eksternal dan juga internet. Meski begitu, virus dapat kita tangani oleh beberapa antivirus terbaik. Sama halnya dengan tubuh manusia, komputer pun juga memerlukan perlindungan khusus dari serangan virus dan malware. Apa saja sih antivirus yang terbaik untuk perlindungan komputer? Kalau begitu yuk kita simak lebih lanjut mengenai ‘5 Antivirus Terbaik untuk Komputer’.

1. Avast Antivirus

Siapa sih yang tidak mengenal Avast? Avast adalah salah satu software antivirus yang paling populer. Lebih dari 400 juta pengguna komputer menggunakan Avast sebagai software antivirusnya. Terbukti Avast mampu menyembuhkan komputer dari malwawe hingga dapat mendeteksi masalah pada jaringan internet dengan sekali klik.

Tidak hanya ampuh dalam membasmi virus, Avast juga memiliki fitur-fitur pendukung yang lengkap. Beberapa fitur yang ada di antivirus ini antara lain CyberCapture untuk membersihkan ancaman, WiFi Inspector untuk mengamankan jaringan WiFi, Smart Scan yang berfungsi mendeteksi ancaman keamanan, Game Mode yang mengatur notifikasi, dan Behaviour shield sebagai pengawas aplikasi.

2. Bitdefender Antivirus

Bitdefender memiliki kehebatan teknologi antivirus yang tidak diragukan lagi. Antivirus hasil ciptaan perusahaan asal Rumania ini memiliki berbagai fitur yang ampuh melindungi perangkat komputer dan laptop dari berbagai virus.

Terbukti dari uji coba laboratorium telah membuatnya sangat jelas bahwa Bitdefender adalah juaranya antivirus. — PCMag, Desember 2016.

Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Bitdefender diantaranya On-Demand Virus Scanning sebagai pemusnah segala jenis virus (trojan, malware, ransomware, dsb.), Anti-Phishing Feature untuk melindungi akun-akun online, Behavioral Detection berfungsi memonitor aplikasi, dan Anti-Fraud untuk mengawasi situs-situs yang kamu kunjungi.

3. Kaspersky Antivirus

Antivirus buatan Rusia ini juga menjadi salah satu yang paling populer digunakan oleh pengguna komputer maupun laptop. Mengapa banyak orang yang memercayakan Kaspersky sebagai proteksi handal? Kaspersky sendiri dikenal sebagai top-three bersama dengan Norton dan Bitdefender. Produk keamanan Kaspersky memang selalu memiliki reputasi yang bagus dalam hal akurasi dengan beberapa fitur andalan seperti web dan email protection. Hal inilah yang membuat Kaspersky selalu sukses masuk jajaran sepuluh besar antivirus di tiap tahunnya.

4. AVG Antivirus

Banyak yang mengatakan bahwa Avast dan AVG itu sama dikarenakan fitur-fitur keamanannya yang tidak jauh berbeda. Meski demikian, ada beberapa perbedaan antara Avast dan AVG, bahkan beberapa uji laboratorium mengatakan bahwa AVG di atas Avast.

AVG mendukung perlindungan terhadap pencurian data dan File Shredder, sebuah fitur yang tidak bisa kita dapatkan jika menggunakan Avast dan keunggulan lainnya adalah kita tidak perlu registrasi atau memberikan informasi pribadi apa pun kepada AVG.

5. Avira Antivirus

Avira adalah leader dalam bidang keamanan pada komputer. Avira sudah ada sejak tahun 1986 dan kini menjadi salah satu solusi praktis mengenai malware, ransomware, spyware, dan phising oleh karenanya antivirus ini menjadi salah satu yang banyak digunakan para pengguna komputer maupun laptop.

Fitur-fitur yang disediakan Avira antara lain Protection Cloud untuk menganalisa file, Browser Tracking Blocker untuk mengawasi aktivitas browsing dan, PUA Shield yang berfungsi sebagai penangkal aplikasi berbahaya alias rawan virus. Tidak hanya itu, kita juga diberikan beberapa opsi penyelesaian ketika ditemukan berkas yang dicurigai sebagai malware. Tidak seperti kebanyakan antivirus lain yang serta-merta memblokir berkas mencurigakan tanpa sepersetujuan pengguna.

6. ZoneAlarm Free Antivirus 2018

Sempat beberapa kali mengalami perubahan nama, ZoneAlarm akhirnya resmi meluncur dengan beberapa tambahan fitur baru di 2018.

Fitur-fitur tersebut antara lain Antivirus and Antispyware untuk memberantas berbagai jenis virus, Personal Firewall sebagai pelindung PC dari berbagai aktivitas dan Gamer mode yang merupakan mode untuk aktivitas gaming tanpa gangguan.

7. Panda Free Antivirus

Antivirus dengan nama hewan lucu asal negeri Cina ini termasuk salah satu antivirus yang paling ringan untuk digunakan. Meski begitu, fitur yang ada gak bisa dikatakan ‘ringan’.

Fitur-fitur tersebut antara lain adanya Real-time updates, atau USB protection untuk memantau perangkat USB yang keluar-masuk.

8. Sophos Home

Juga dikenal sebagai salah satu antivirus yang terbaik di kelasnya, Sophos Home mampu membasmi nyaris segala jenis ancaman virus yang mungkin membahayakan perangkat kamu.

Hal itu dipastikan oleh Advanced computer security yang mampu membersihkan komputer dari segala macam virus.

Dalam memilih antivirus yang tepat, sebaiknya kita juga mempertimbangkan berbagai hal terkait dengan kondisi komputer agar tidak salah memilih dan memberatkan komputer sehingga dapat bekerja dan melindungi secara maksimal. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencari software antivirus terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us