Jasa Konsultan IT/Pemasangan CCTV Murah

Ini penyebab komputer cepat rusak, dan cara mengatasinya

Di era digital ini memiliki komputer baik PC desktop, Notebook maupun keduanya adalah sebuah kebutuhan khusus untuk beberapa kalangan, seperti pekerja kantoran dan mahasiswa. Disamping harganya yang cukup mahal pastinya kita tidak mau kan komputer yang kita miliki cepat rusak. Apa saja sih yang menyebabkan komputer kita cepat rusak? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab komputer kita cepat rusak. Kalau begitu yuk kita simak ulasannya ‘4 Penyebab Komputer Cepat Rusak dan Cara Mengatasinya’.

1. Overheating

Overheating adalah keadaan dimana komputer terlalu panas dan pada akhirnya akan mati dengan sendirinya. Salah satu penyebabnya adalah komputer dipaksa bekerja terlalu ekstra. Sebagai contoh kita yang sering melakukan banyak multitasking program, dan bermain game yang berat berhari-hari  tiada henti. Tahukah kamu?, jika komputer yang bekerja terlalu berat, akan memaksa processor serta komponen lain untuk bekerja lebih ekstra. Hal inilah yang mengakibatkan panas berlebih pada komputer lalu mengalami overheating.

Bagaimana cara mengatasinya? Apabila kejadian ini telah terjadi, hal yang perlu kita lakukan adalah biarkan komputer dalam keadaan mati untuk beberapa saat menunggu hingga seluruh komponen komputer dingin kembali. Dan untuk meminimalisir terjadinya overheating adalah cobalah untuk mengurangi program multitasking yang berat, dan gunakanlah komputer seperlunya, dikarenakan komputer juga memiliki batas toleransi pemakaian dan membutuhkan waktu untuk beristirahat.

2. Debu yang Menumpuk

Debu memang menjadi hal yang sepele bagi kita dan mustahil rasanya bisa mengakibatkan komputer cepat rusak, benar kan sobat Hitech? Seiring berjalannya waktu, komputer yang kita pakai tentu akan dipenuhi oleh debu yang mengganggu apalagi debu akan lebih mudah menumpuk dibagian dalam komponen komputer seperti pada kipas, heatsink, motherboard, serta komponen lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan aliran udara pendingin komputer terhambat sehingga udara panas sulit untuk keluar. Dampak seperti ini tentu akan menurunkan performa komputer karena suhu dari hardware menjadi tidak terkendali, dan cenderung meningkat.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membersihkan komputer kita terutama dibagian dalam dengan membuka casing PC minimal satu bulan sekali untuk mengurangi resiko debu yang menumpuk. Sebagai catatan lakukan hal ini secara hati-hati saat melepaskan dan memasangkan casing serta komponen, serta lakukanlah pemasangan kembali dengan tepat dan kuat.

3. Listrik Tidak Stabil dan Listrik Padam Secara Mendadak

Listrik yang tidak stabil dan listrik padam secara mendadak adalah suatu hal yang dapat menyebabkan komputer kita cepat rusak. Mengapa demikian? Penyebabnya dikarenakan listrik yang mati mendadak bisa membunuh perangkat keras secara perlahan-lahan,dan Hardware yang paling menderita terhadap situasi ini adalah HardDisk mengingat komponen ini berkaitan dengan penyimpanan data yang sensitif. Jika hal ini sering terjadi pada komputer kita, HardDisk kemungkinan akan mengalami kerusakan pada komponen dan kehilangan data.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika permasalahan utama yang kita hadapi adalah arus listrik yang tidak stabil dan listrik sering padam yang bisa terjadi kapan saja, tentu yang dapat kita lakukan adalah memberikan perangkat yang berfungsi membantu komputer untuk meminimalisir terjadinya hal ini. Sebaiknya gunakanlah Stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik saat listrik tidak stabil dan juga UPS (Uninteruptable Power Supply) sebagai perangkat untuk men-support komputer kita disaat listrik padam secara mendadak. Berkat adanya UPS sangat penting sekali ketika listrik padam, UPS masih memberikan daya ke komputer berkat daya listrik yang disimpan dalam UPS, jadi kita bisa menyimpan data pekerjaan dahulu dan mematikan komputer secara normal sehingga aman untuk hardware dari komputer kita.

4. Terserang Virus

Virus komputer bisa masuk dengan mudah ke dalam suatu komputer melalui internet dan juga pemindahan atau transfer file antar komputer maupun dari perangkat eksternal lainnya. Virus yang menyerang komputer, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer, sehingga komputer tidak bisa berjalan dengan baik. Beberapa virus juga mengkonsumsi daya yang cukup besar, sehingga penggunaan daya tersedot oleh virus, akibatnya processor akan berkerja lebih keras hingga kewalahan dan akhirnya overheating lalu mati sendiri.

Bagaimana cara mencegah dan juga mengatasi virus pada komputer?

Untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan dan proteksi, diantaranya :

  • Pakailah software antivirus yang terpercaya
  • Lakukan update antivirus secara rutin
  • Selalu lakukan scan virus ketika ingin menggunakan portable device
  • Jangan sekali-kali melakukan download file dari internet yang asing, dan
  • Gunakanlah fitur internet security.

Baca juga : ‘5 Antivirus Terbaik untuk Komputer’

Apabila komputer kita telah terinfeksi virus, hal yang harus kita lakukan adalah :

  • Lakukan scanning secara menyeluruh pada komputer menggunakan antivirus terpercaya
  • Lakukan pembersihan direktori yang terdeteksi terjangkit oleh virus dengan menggunakan BIOS (Sebaiknya dilakukan oleh mereka yang memang sudah berpengalaman, karena apabila salah melakukan pembersihan, bisa saja sistem operasi anda mengalami corrupt karena kesalahan human error)
  • Gunakanlah MsConfig untuk melihat file-file apa saja yang akan berjalan ketika komputer melakukan booting.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan dan dapat membantu permasalahan anda saat ini seputar penyebab komputer cepat rusak dan bagaimana cara mengatasinya.

Sumber : hitechcomputer.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us